RSS

Komik Sepanjang Masa : Paman Gober

Semua orang pastinya pernah dengar, pernah membaca, dan pernah melihat tentang buku komik Paman Gober,,,
Komik yang terbit dari zaman saya belum lahir sampai detik ini pun masih ada penggemarnya bahkan dapat menyaingi penggemar Micky Mouse dan Donald Duck.

SEJARAH SINGKAT
Karakter dan kisah Paman Gober ditulis oleh Carl Barks dan berkat Paman Gober ini juga Gerombolan Si Berat bisa ikut tercipta sebagai rival dari Paman Gober. Setelah kisah Paman Gober mulai dikenal di wilayah Amerika dan Eropa, penulis dan artist Disney selain Barks mulai menggunakan Paman Gober pada ceritanya, seperti penulis asal Italia Romano Scarpa.
Ternyata dari pihak penerbit Western Publising berpikir untuk mengangkat Paman Gober menjadi sebuah komik tersendiri. Akhirnya komik Paman Gober dengan judul aslinya "Uncle Scrooge" volume 1 berisi cerita "Only a Poor Old Man" terbit pada Maret 1952-1953. Lalu Barks pun membuat cerita Paman Gober lebih berbau petualangan dengan ditemani Donald dan tiga keponakannya Kwak, Kwik, Kwek.
Setelah Barks pensiun, karakter Paman Gober masih diteruskan oleh artist-artist lainnya, bahkan penulis Romano Scarpa menambahkan beberapa karakter untuk meramaikan Dunia Paman Gober seperti Brigitta sang tunangan Gober dan Gideon Mc Duck yang merupakan saudara dari Gober Bebek.
Perkembangan besar pun dilakukan oleh Don Rosa pada tahun 1987. Di bawah Rosa, karakter Paman Gober menjadi lebih etis dan tidak curang. Bahkan Rosa membuat The Life and Times of Scrooge Mc Duck dan karyanya telah diberikan penghargaan Eisner Award pada tahun 1995.
Mau lihat sumbernya silakan buka di sini

Paman Gober
Carl Barks 
Don Rosa dengan tokoh kesayangannya
Romano Scarpa
The Life and Times of Scrooge Mc Duck
Kisah Hidup Paman Gober Edisi Bundel
Kenapa nama Indonesianya Uncle Scrooge adalah Paman Gober?
Alasannya yaitu Gober diambil dari Dagobert Duck yang merupakan adaptasi nama Gober dalam bahasa Belanda. Scrooge sendiri mempunyai arti dalam bahasa indonesia yaitu pelit, sesuai kan dengan karakternya. Lagipula dengan adanya nama Paman Gober di Indonesia membuat Fans Paman Gober lebih gampang dalam mengenal karakter tersebut daripada nama aslinya Uncle Scrooge. Anda pasti setuju kan dengan saya?

Menariknya, nama-nama tokoh yang ada di Dunia Paman Gober pun memiliki nama adaptasi Indonesia yang kadang jauh dari nama asli karya penciptanya. Berikut nama-namanya
Paman Gober dan Keluarga

Donald Duck – Donal Bebek
Daisy Duck – Desi Bebek (di Belanda disebut Katrien Duck)
Scrooge McDuck – Gober Bebek (diambil dari kata Dagobert adaptasi nama dari Belanda)
Huey Duck – Kwik
Duey Duck – Kwek
Louie Duck – Kwak
Grandma Duck – Nenek Bebek
Gladstone Gander – Untung Angsa
Neighbor J.Jones – Pokijan
Fethry Duck – Didi bebek (dari kata Diederik adaptasi nama di Belanda)
Magica de Spell – Mimi Hitam
Gyro Gearloose – Lang Ling Lung
Emily Quackfaster – Nona ketik
Bolivar – Lubas (anjing St Bernard peliharaan Donal Bebek)
Cornelis Coot – Kornelis Prul (ikut Belanda)
Madam Mim – Madam Mik Mak
The Beagle Boys – Gerombolan Siberat
The Junior Woodchuck – Pramuka Siaga
Ludwig von Drake – Profesor Otto
Gus Goose – Agus Angsa
Brigitta McBride - Brigitta
Flintheart Glomgold - Gover Bebek (Bebek Terkaya Ke-2)
John D. Rockerduck - Roker Bebek (Bebek Terkaya Ke-3)

untuk sumbernya dapat di buka di sini untuk melihat jelasnya karakter bisa  dibuka di sini atau ingin mengerti asal muasal nama di tokoh Paman Gober dapat dibuka di sini.

Dalam buku The Life and Times of Scrooge Mc Duck atau dalam adaptasi Indonesianya Kisah Hidup Paman Gober terdapat gambar silsilah keluarga Bebek dan gambar Kota Bebek seperti gambar berikut ini
Silsilah Keluarga Bebek
Kota Bebek (Duckburg)
untuk melihat nama-nama keluarga bebek dalam versi 3 bahasa silakan buka di sini atau ingin mengerti silsilah keluarga bebek dapat dilihat di sini.

Sekian ulasan posting kali ini,,, =D

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar